13 November 2015

Pelajaran 10 – Sepuluh Perintah Allah Menunjukkan Kepada Kita Jalan Allah

Perenungan:
                Allah menepati janji-Nya kepada Abraham dan memberinya banyaka keturunan melalui anaknya, Ishak dan cucunya Yakub. Allah memberi nama yang khusus kepada Yakub dan keturunannya, Israel. Satu kali Allah, melalui Musa, memberi umat Israel perintah-perintah khusus (Keluaran 20:1-17). Tujuan perintah-perintah itu untuk membawa orang Israel mengenal dan hidup dalam jalan-jalan Allah yang sempurna. Ini sama halnya dengan peraturan diberikan sebagai petunjuk agar kita bisa melakukan apa yang diharapkan dari kita dengan benar.
Pelajaran 10 dan 11 akan fokus pada pentingnya hukum-hukum Allah, khususnya Sepuluh Perintah Allah. Tujuan dari perintah atau hukum yang diberikan itu bukanlah penjabaran tugas untuk menyenangkan Allah. Perintah Allah tersebut diberikan untuk menunjukkan kepada kita jalan-jalan Allah yang sempurna – kekudusan, kebaikan, dan keadilan-Nya. Dalam sejarah Israel menunjukkan betapa mudahnya mereka mengabaikan, melupakan dan tidak menaati perintah-perintah itu. Perintah-perintah Allah menyingkapkan bagaimana kita telah berdosa dan kehilangan penghargaan akan keagungan dan keberhargaan Allah. Lalu, itu juga menunjukkan betapa tidak mampunya kita untuk mengikuti bahkan sampai pada jalan-jalan Allah yang sempurna.

Penemuan:
1.       Baca dan temukan kesepuluh perintah Allah dalam Keluaran 20:1-17.
2.       Coba temukan bagaimana kesepuluh perintah Allah tersebut menunjukkan jalan-jalan Allah yang sempurna! Contohnya jika kita membaca perintah pertama, akan kita dapati bahwa kita harus mengasihi dan menyembah hanya satu-satunya Allah yang sejati. Menaati perintah itu sebenarnya kita sedang berkata kepada Allah, “Engkaulah yang paling sempurna! Engkaulah yang paling sempurna! Aku mengasihi Engkau di atas segalanya!”. Bagaimana dengan perintah-perintah yang lain? Coba diskusikan beberapa di antaranya!

Penerapan:
1.       Apakah Anda punya pengalaman pribadi bagaimana saat Anda menaati perintah Allah dengan sungguh-sungguuh, itu membuat Anda semakin mengenal Allah dan kasih Anda kepada-Nya semakin bertambah? Ceritakanlah!

2.       Adakah perintah Allah yang sampai hari ini masih sulit untuk Anda taati? Apa yang akan Anda lakukan?

No comments:

Post a Comment