13 November 2015

Pelajaran 11 Kesepuluh Firman Menunjukkan Kepada Kita Dosa Kita

Perenungan:
                Kita telah melihat bagaimana kesepuluh firman Allah itu sempurna, benar dan baik. Pada waktu manusia menjalani semua hukum-hukum itu maka manusia telah menunjukkan keberhargaan dan keagungan Allah. Akan tetapi dosa membuat manusia tidak mampu menaati tuntutan hukum-hukum Allah, bahkan cenderung selalu memberontak dan melawan. Hukum itu tidak lagi menjadi jalan untuk manusia dapat menikmati keberhargaan Allah, namun telah menjadi tuntutan yang membuat manusia layak untuk dihukum.
                Kunci untuk sanggup menaati kesepuluh firman Allah adalah iman. Ketika sadar bahwa kita tidak mampu, maka saat itulah kita beralih memercayai Allah yang bekerja menyanggupkan kita. Sehingga kita sanggup hidup dalam kebenaran-Nya. Dalam hal ini, hukum-hukum Allah yang sempurna telah menjadi penyadar akan ketidakberdayaan manusia hidup dalam kebenaran Allah, sekaligus menjadi pemicu agar manusia mulai menaruh iman percaya mereka kepada pemeliharaan Allah (Galatia 3:23-24)

Penemuan:
1.       Baca dan temukan bagaiamana respon bangsa Israel kepada perintah Allah (Keluaran 24:7). Lalu apa yang terjadi kemudian? (Keluaran 32:1-8)
2.       Apa yang Anda tangkap dari Roma 8:7?

Penerapan:
1.       Apakah Anda bergumul dalam menaati peraturan dan hukum-hukum Allah? Bagaimana kebenaran firman hari ini menolong Anda?
2.       Adakah seseorang yang Anda kenal baik hidup bergumul untuk sanggup memenuhi semua hukum Allah dengan kemampuannya sendiri? Apa yang akan Anda lakukan?

“Hati manusia berdosa tak ingin menaati peraturan apa pun, 
bahkan peraturan terbaik sekalipun: peraturan Allah”

No comments:

Post a Comment